Kodim 0414 / Belitung Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

0
593

Belitung, Muaraindonesia.com –

Kodim 0414/Belitung menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Aula Makodim 0414/Belitung, Jalan Merdeka, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, pada Sabtu, 01/06/ 2024.

Upacara ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dan dipimpin oleh Inspektur Upacara, Danrem 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI Safta Feryansyah, S.E., S.I.P., M.Han.

Dalam amanatnya, Brigjen TNI Safta Feryansyah membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Ia mengingatkan kembali bahwa pada 1 Juni 1945, Bung Karno memperkenalkan Pancasila dalam pidatonya di depan sidang BPUPK. Tema peringatan tahun ini menekankan bahwa Pancasila adalah jiwa pemersatu bangsa dalam menuju Indonesia Emas 2045, dengan mengusung nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong yang menjadi dasar kehidupan bangsa.

BACA JUGA  Ir. H. Azwari Helmy Merapat Ke PBB Calonkan Bupati Bangka Barat

Brigjen Safta Feryansyah juga menekankan pentingnya membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, terutama di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini. Beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengamalkan Pancasila agar menjadi ideologi yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

Di akhir pidatonya, Brigjen Safta mengajak seluruh komponen bangsa untuk bekerja sama menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Ia berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat untuk mewujudkan Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Kodim 0414/Belitung ini diharapkan mampu mengingatkan kembali momen bersejarah perumusan dasar negara dan memperkuat semangat kebangsaan di kalangan masyarakat.

BACA JUGA  Banjir-Tanah Longsor di Manado, Jumlah Korban Tewas Jadi 6 Orang

Dandim Belitung Letkol Inf Kurniawan Hanif Arridho, dalam wawancara, menegaskan pentingnya kesatuan dalam keberagaman dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Pancasila dianggap sebagai anugerah Tuhan bagi Indonesia, menjadi panduan hidup bangsa. Dandim mendorong setiap warga untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam regulasi dan kepemimpinan.

Dengan semangat Pancasila, bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai tantangan global, menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Peringatan Hari Lahir Pancasila mengajak seluruh bangsa untuk merawat anugerah Pancasila, menjaga kerukunan, dan terus mengamalkannya demi masa depan Indonesia yang gemilang.

Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Kurniawan Hanif Arridho, Danlanud HAS Hanandjoeddin yang diwakili oleh Kadispes Lanud Mayor Adm Gustian Martin, Kepala BNNK Belitung Kompol Agus Handoko, S.H., Kakanminvetcad II/20 Belitung yang diwakili oleh Kapten Inf Herman, Danki Brimob Belitung IPDA M. Ibnu Rafli, serta para Danramil, perwira, bintara, tamtama, PNS Kodim 0414/Belitung, dan tamu undangan lainnya. Komandan upacara kali ini adalah Danramil 414-01/Tanjung Pandan, Mayor Inf Subhan.(WL)

BACA JUGA  Patut di Contoh SMK Negeri 1 Selat Nasik Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Barang Bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.