Jalin silahturahmi Letkol Hanif Tinjau Personelnya di Membalong dan Pulau Seliu

0
559

Belitung, Muaraindonesia.com, –

Hanya hitungan jam setelah mendarat di Belitung, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0414 Belitung, Letkol Inf Karuniawan Hanif Arridho S,E.M,M. gerak cepat mengunjungi Koramil 414-14 Membalong dan Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Sabtu 11 Mei 2024.

Kunjungan kerja yang dilakukan dalam rangka meninjau jajarannya dalam lingkungan Kodim 0414 Belitung, alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 2004 ini juga ingin memperkenalkan dirinya sebagai Dandim 0414 Belitung yang baru menggantikan pejabat yang lama, Letkol Inf Herik Prasetiawan kepada masyarakat Membalong.

Kedatangannya disambut Plt Komandan Rayon Militer (Koramil) 414-14 Membalong, Peltu Ucahyadi beserta jajarannya di Kantor Koramil 414-14 Membalong. Lalu mantan Komandan Sekolah Calon Tamtama Rindam VI/Mulawarman ini bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan agama Desa Membalong.

Dalam kunjungan kerja ini juga turut dihadiri oleh Kasdim 0414/Belitung: Mayor Arm Ksatria Gurusinga, Pasi OPS Kodim 0414/Belitung: Kapten Inf Hermansyah, Pasiter Kodim 0414/Belitung: Letda Inf Rumawan, Danramil 414-04 Membalong diwakili oleh Peltu Cahyadi, Danunit Intel Kodim 0414/Belitung: Letda Inf Purwoko, Kades Seliu Edyar dan tamu undangan beserta tokoh masnyarakat yang hadir.

BACA JUGA  URA UNIVERSAL COMUDITY MOBILE BELITUNG JALIN SIHLAHTURAHMI BERSAMA DAN LANUD

Setelah mampir di Koramil 414-14 Membalong, Dandim 0414 Belitung ini beserta rombongan meluncur ke Pantai Teluk Gembira, Desa Padang Kandis Membalong untuk menyeberang menggunakan kapal ke Desa Pulau Seliu.

Dalam silaturahminya dengan perangkat desa dan tokoh-tokoh Desa Pulau Seliu, Letkol Inf Karuniawan Hanif Arridho berpesan agar masyarakat dan pemerintah Desa Pulau Seliu untuk guyup, rukun dan saling mendukung satu sama lainnya.

Guyup tidak hanya soal ketahanan pangan, para pemuda Desa Pulau Seliu ini juga harus punya jiwa pejuang, cinta tanah air dan bendera merah putih.

“Untuk bapak-bapaknya walau sudah lanjut, minimal jiwa-jiwa yang tumbuh sejak zaman dulu, dapat ditularkan kepada anak muda agar mereka cinta merah putih,” kata Letkol Inf Karuniawan Hanif Arridho, Sabtu 11 Mei 2024.

Berbincang dengan masyarakat dalam suasana santai ini, Dandim 0414 Belitung menyampaikan bahwa saat ini Pulau Belitung khususnya Desa Pulau Seliu dalam kondisi yang aman damai.

Namun menurutnya, di belahan bumi utara terjadi perang antara Rusia dan Ukraina yang telah berlangsung tiga tahun, sementara bergeser ke bagian selatan terjadi perseteruan antara negara-negara barat dengan China di Laut China Selatan. Sedangkan kearah barat ada perang Israel dan Hamas yang meluas melibatkan Iran.

BACA JUGA  Kusmadi ( Kepala Desa Cerucuk) mengucapkan Selamat Menjalan kan Ibadah Puasa

“Walaupun perang itu terjadi di tempat yang jauh, jangan dikira perang itu tidak akan berpengaruh terhadap Belitung. Dulu perang dunia pertama awalnya hanya pembunuhan seorang pangeran di Eropa, berkembang adi perang dunia pertama. 40 tahun kemudian terjadi perang dunia kedua yang dimulai oleh satu negara Jerman. Akhirnya Australia mendarat di Papua, di Balikpapan dan beberapa wilayah di Indonesia. Indonesia menjadi daerah perang,” katanya.

Letkol Hanif berpesan, kalaupun terjadi perang, masyarakat semua harus siap. Karena adanya perang akan berpengaruh terhadap distribusi bahan makanan dari luar ke Belitung.

“Kalau pesawat tidak berani terbang karena perang, maka bahan makanan tidak bisa sampai ke daerah kita. Maka kita harus kuat baik pertahanan maupun ketahanan pangan,” katanya.

Banyak Menorehkan Prestasi
Letkol Inf Kurniawan Hanif Arridho resmi menjabat Dandim 0414 Belitung menggantikan pejabat lama Letkol Inf Herik Prasetiawan dalam kegiatan serah terima jabatan yang dipimpin Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI A Dedy Prasetyo di di Aula Makorem 045/Gaya Pangkalpinang pada Senin 6 Mei 2024 lalu.

BACA JUGA  PT. Pos Indonesia memberikan layanan terbaik buat konsumen dengan layanan Digital Kurir

Sebelumnya ia menjabat Komandan Sekolah Calon Tamtama Rindam VI/Mulawarman setelah posisinya sebagai Komandan Yonif (Danyon) Rider 600/Modang diserahterimakan kepada Mayor Inf Bambang Prasetyo pada Jumat 24 November 2023 lalu.

Letkol Hanif menorehkan prestasi begitu banyak, di antaranya saat ia sebagai Danyon Rider 600/Modang berhasil melaksanakan tugas di Papua dengan baik, yaitu memimpin 450 prajurit Rider ke Distrik Suru-suru dan kembali ke home base dengan lengkap dan aman.

Tidak hanya itu, Yonif 600/Modang yang ia pimpin juga berhasil berhasil mengembalikan kepercayaan pengungsi Distrik Suru-Suru yang telah meninggalkan kampungnya selama satu tahun akibat penyerangan Kelompok Separatis Teroris (KST) dengan menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

Penugasan Yonif Raider 600/Modang saat itu selama 14 bulan menjalankan tugas sebagai Satgas Pamtas di wilayah Papua, mencakup Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, dan Yahukimo, dengan berbagai dinamika dan tantangan.

J

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.