Indonesia Terancam RESESI Ekonomi

0
795

Pangkal Pinang, MuaraIndonesia.com Oleh Ivan (Komunitas Kritis Kebijakan Negeri)

2022 adalah tahun yang cukup berat bagi masyarakat dunia, dampak dari pandemi covid -19 masih terus terasa ditambah invasi Rusia terhadap ukraina menambah deretan peristiwa yang menimbulkan gejolak ekonomi yang mempengaruhi ekonomi negara-negara lainnya,bahkan Sri lanka  sudah masuk pada fase kebangkrutan.
 
Bukan hanya kebangkrutan yang menjadi momok menakutkan, ada satu kondisi yang juga ditakuti negara-negara didunia yaitu Resesi Ekonomi yang saat ini sedang melanda negara-negara eropa Berdasarkan laporan Sentix Economic Index, salah satu lembaga riset yang berada di Jerman mengungkapkan bahwa negara-negara Eropa sudah memulai resesinya. Kondisi ini dilihat dari indeks ekonomi yang disurvey sentix kembali memburuk.

Bagaimana dengan Indonesia, apakah resesi ekonomi juga mengancam negeri ini?

BACA JUGA  Pertumbuhan GDP Kuartal ke II 2020 Minus, Sektor Pertanian Malah Tumbuh Positif

Resesi ekonomi diartikan sebagai penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan dalam waktu stagnan dan lama, mulai dari berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Secara umum, resesi terjadi ketika ekonomi tumbuh negatif dua kuartal beruntun.

Secara umum ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan resesi terjadi di sebuah negara :

  • Guncangan Ekonomi

Guncangan ekonomi yang mendadak, seperti pandemi Covid-19 merupakan salah satu penyebab resesi ekonomi. Ini ditandai dengan lemahnya daya beli akibat kesulitan finansial.

  • Inflasi

Inflasi merupakan kondisi naiknya harga barang dan jasa selama periode tertentu. Inflasi yang berlebihan membuat daya beli masyarakat melemah. Di lain sisi, produksi

barang dan jasa bakal menurun. Ini masuk dalam kategori berbahaya karena akan memicu pengangguran, kemiskinan, dan berujung pada resesi.

BACA JUGA  Resesi Ekonomi Dunia, Saatnya Kembali Ke Sistem Ekonomi Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.