Dekranasda Babel Begitu Dekat Dengan Ekonomi Kreatif

0
38

PANGKALPINANG, MuaraIndonesia.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi berharap para peserta Kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata di Hotel Fox Harris, Rabu (15/9/2021) mendapat pelajaran, masukan dan wawasan untuk memanfaatkan serta mengembangkan diri menjadi seorang pelaku ekonomi kreatif.

Dekranasda Babel, dikatakan Melati Erzaldi saat menyampaikan materi yang bertemakan “Peran Dekranasda dalam Rangka Bergerak dan Maju Bersama Membangun Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19”, berkaitan erat dengan ekonomi industri kreatif, walaupun menurutnya masih identik dengan anak muda, bukan berarti orang tua tidak bisa lebih kreatif. Dirinya lalu menjelaskan perbedaan antara Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Ekonomi Kreatif.

BACA JUGA  Sekjen PSI Kota Pangkalpinang : Molen Komedikan Gaji Tim Kreatif

“Perbedaan salah satunya dari segi penghasilan, produksi UMKM masih satuan sedangkan produksi ekonomi kreatif sudah dalam jumlah banyak, “ujarnya.

Dirinya mengungkapkan Dekranasda di Babel baru terbentuk di tahun 2008, sebagai wadah nirlaba non profit yang bertugas menjadi mitra pemerintah.

“Bagaimana kami melindungi, mengangkat kerajinan atau kriya yang menjadi khas daerah, merupakan tugas kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Dekranasda sebagai mitra dapat memfasilitasi beberapa permasalahan yang dihadapi pelaku usaha, setidaknya dapat mendukung beberapa hal, antara lain, konsultan kemasan produk, fasilitasi perizinan, pengetahuan pembukuan keuangan usaha, pemasaran konvensional, keterbatasan modal, menambah pengetahuan dan kreatifitas hingga sertifikasi produk.

Pada setiap kesempatan, ibu tiga anak ini tidak pernah bosan memberi motivasi, seperti pesannya hari ini untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta yang telah mengikuti acara selama tiga hari.

BACA JUGA  Ketua KPU Babel Davitri Divaksin Covid-19

“Tiga hari meninggalkan keluarga, pulang harus punya manfaat, pulang harus lebih percaya diri, lebih kreatif, punya ide dan dari tidak tahu menjadi tahu,” ujarnya.

Kehadiran mereka diharapkannya tidak hanya sebatas memenuhi kuota peserta, tetapi bagaimana meningkatkan semangat dan tekad untuk menciptakan maupun memanfaatkan peluang ekonomi kreatif.

Dilaksanakan sejak 13 September 2021 lalu, hari ini Melati Erzaldi memenuhi janjinya untuk bertemu langsung dengan mereka di Fox Harris Hotel Pangkalpinang, (15/09/2021).

Kehadirannya diharap dapat menginspirasi pelaku ekonomi kreatif binaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seperti tema yang diangkat “Bergerak dan Maju Bersama Membangun Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19”.

BACA JUGA  Penandatanganan Kerjasama Koordinasi Tugas dan Fungsi Lingkup Kementerian Dalam Negeri dan Kejaksaan

Dirinya juga berpesan, dimasa pandemi seperti ini, agar para peserta yang sebagian besar merupakan pelaku usaha dan ekonomi kreatif, jangan malas untuk ikut web seminar.

Sumber : Diskominfo Provinsi Babel
Editor : Wanda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.