Perangkap Setan

0
907

Karena itu Allah SWT pun telah memperingatkan agar manusia benar-benar memperlakukan setan sebagai musuh (QS Fathir [35]: 6).

Persoalannya, setan amatlah cerdik, sebagaimana terungkap dalam kisah di atas. Setan boleh jadi tidak menghalang-halangi manusia dari ibadah kepada Allah SWT dan amalan yang baik, tetapi setan menyimpangkan niat manusia beribadah atau beramal baik sehingga bukan karena Allah SWT. Boleh jadi pula setan menjadikan manusia ikhlas beramal karena Allah SWT, tetapi setan berupaya agar manusia beramal tidak sesuai dengan tuntunan Rasul-Nya.

Di dalam bukunya yang amat terkenal, Talbis Iblis (Tipudaya Iblis), Ibn al-Jauzi secara panjang lebar mengungkapkan bagaimana sepak terjang setan dalam memperdaya manusia; termasuk di dalamnya para ahli ibadah, para pembaca al-Quran, para ahli hadis, para ulama fikih, juga para pengemban dakwah.

BACA JUGA  “Idul Fitri Lebaran Kita”

Menurut Ibn al-Jauzi, setidaknya ada enam langkah setan dalam menjerat manusia.

Pertama: Berusaha menjadikan manusia kafir atau musyrik.

Kedua: Jika gagal, berusaha menjadikan mereka yang Muslim sebagai pelaku bid’ah.

Ketiga: Jika gagal, berusaha menjadikan mereka tukang maksiat/pelaku dosa besar.

Keempat: Jika gagal, berusaha agar mereka banyak melakukan dosa-dosa kecil.

Kelima: Jika gagal, berusaha menyibukkan mereka dalam masalah-masalah yang mubah (yang tidak bermanfaat dan tidak berpahala).

Keenam: Jika gagal juga, berusaha menyibukkan mereka dengan urusan-urusan yang utama tetapi mereka melupakan berbagai urusan yang lebih utama; misalnya menyibukkan diri dengan amalan sunnah, tetapi meninggalkan amalan wajib.

Semua langkah setan itu, menurut Ibn al-Jauzi, diikuti dengan berbagai cara yang sering amat halus dan lembut sehingga tidak banyak disadari oleh manusia.

BACA JUGA  Pandemi COVID-19 dan Renungan Makna Hidup

Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari segala perangkap setan. Aamiin.

Wa maa tawfiiqii illaa bilLaahi’alayhi tawakkaltu wa ilayhi uniib. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.