41 Meninggal, 8 Dirawat di RSUD, 9 Dirawat di Klinik akibat Kebakaran Lapas Tangerang

0
93

Jakarta, Muaraindonesia.com – Kepala bagian Humas Kementerian Hukum dan HAM, Tubagus Erif Faturahman memberikan update kondisi terkini kebakaran di Blok C Lembaga Pemasyarakan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) pagi. Bagus menyebut, 41 orang meninggal dunia akibat kejadian tersebut, 8 orang luka berat dan dirawat di rumah sakit rujukan dan 9 orang mengalami luka ringan dan dirawat di klinik. “Sebanyak 41 orang meninggal, 8 dirawat di RSUD, 9 dirawat di klinik,” ujar Bagus kepada Kompas.com, Rabu.(08/09/2021).

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan bahwa Lapas yang terbakar kondisinya kelebihan kapasitas. Lapas yang harusnya diisi oleh 40 orang per kamar, namun harus diisi oleh sekitar 120 orang. “Kondisi lapas tentu over-kapasitas yang harusnya 900 (orang), saat ini diisi 2069 orang,” ujar Rika.

BACA JUGA  Upacara HUT RI di Beltim Digelar Terbatas

“Tentunya memang tidak bisa dijadikan alasan, tetapi itulah tantangan yang harus kami hadapi,” ucap dia.

Di sisi lain, Rika menyampaikan bahwa pihak keluarga korban kebakaran dipersilakan menghubungi pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk mendapatkan update informasi. “Kami sangat terbuka informasi, untuk keluarga yang memang akan kami hubungi untuk menginformasikan kondisi dari keluarganya di lapas klas I Tangerang,” ujar Rika.

“Keluarga juga bisa menghubungi call center 0813 8355 7758, kami terbuka 24 jam,” kata dia

Rika mengatakan bahwa, lokasi kebaran itu merupakan tempat hunian bagi warga binaan kasus narkoba. Ia menyebut bahwa, hunian Blok C tersebut diisi oleh 122 warga binaan dan 15 orang petugas lapas.(**/MI).

BACA JUGA  Gunung Semeru Erupsi, Mengeluarkan Awan Panas Guguran


Sumber : Kompas.com
Editor : Wanda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.