Pesan Jokowi Untuk Para PNS,

0
652

Jakarta-muaraindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai pesan penting kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS. Pesan itu memperingatkan para PSN agar tetap memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama baik di pusat maupun di daerah.

Jokowi menyampaikan hal itu dalam acara Launching Core Values ASN & Employer Branding beberapa waktu yang lalu. Jokowi mengungkapkan PNS yang bertugas juga harus memiliki core values yang sama.

“Pada kesempatan ini saya tegaskan bahwa setiap aparatur sipil negara di manapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama, mempunyai semboyan yang sama,” kata Jokowi, dikutip Kamis (29/7/2021).

Jokowi menambahkan untuk ASN atau PNS yang berprofesi sebagai dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analisis kebijakan, administratur, dan petugas Satpol PP juga harus mempunyai nilai dasar yang sama. Pegawai BUMN dan pegawai lainnya juga sebaiknya memiliki proposisi nilai rujukan yang sama.

BACA JUGA  Gubernur Serahkan DIPA dan TKDD Tahun 2022

Para ASN juga diminta untuk berpegang pada nilai dasar seperti berakhlak, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif serta bangga melayani bangsa.

“ASN harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya luncurkan core values ASN berakhlak dan employer branding ASN bangga melayani bangsa,” tutur Jokowi.

Saat ini, kata Jokowi, setiap pemerintahan memiliki semboyan masing-masing dan belum fokus pada satu nilai dasar. Meski begitu, diakuinya keberagaman semboyan antar-daerah itu memperkaya keberagaman Indonesia asalkan sesuai dengan Pancasila dan nilai-nilai universal.

“Sejak lama semua pemerintah daerah punya semboyannya masing-masing. Ada yang semboyannya berhati nyaman, ada yang berirama, bersahabat, dan masih banyak lagi. Variasi semboyan antar daerah itu baik-baik saja, setiap daerah mempunyai kekhasan masing-masing bahkan banyak daerah yang semboyannya menggunakan bahasa daerah,” kata Jokowi.

BACA JUGA  Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2021, Kado Terindah Di Penghujung Tahun

Jokowi juga tak ingin para abdi negara bergaya seperti pejabat kolonial. Menurutnya ASN harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Tidak boleh malah bergaya minta dilayani seperti pejabat jaman kolonial.

“Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu, itu tidak boleh lagi, bukan jamannya lagi,” kata Jokowi.(http//detik.com) editor : Risko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.