KedaiKopiKaji dan Warasa: Sinergi Membangun Bisnis Rintisan di Tengah Pandemi Covid-19

0
451

Tangerang, MuaraIndonesia.com – Di Indonesia, pandemi Covid-19 belum berlalu. Sudah lebih dari setahun semenjak virus tersebut terdeteksi pertama kali pada Maret 2020. Bahkan sekarang terdeteksi virus covid-19 varian Delta yang pertama kali ditemukan di India.

Virus varian Delta yang memiliki tingkat penularan lebih cepat tersebut telah menimbulkan serangan virus gelombang ke-2 di negeri ini dan mengakibatkan korban kematian lebih banyak.

Selain itu, dampaknya pada kehidupan masyarakat pun semakin terasa berat. Salah satunya adalah sektor ekonomi rakyat.

Pada sisi lain, lambatnya perputaran roda ekonomi mendorong sebagian pelaku usaha untuk mencari langkah alternatif atau bahkan banting stir. Mereka mencari celah jalan keluar untuk tetap bisa mengais rezeki yang halal dan berkah di tengah pandemi.

Salah satunya adalah para pelaku usaha yang tergabung pada Komunitas #KedaiKopiKaji (3K). Bersinergi dengan Warasa -produsen bumbu halal masakan Jepang, Komunitas #KedaiKopiKaji mengadakan kegiatan Cooking Booth dengan menu RAMEN KAFFAH.

BACA JUGA  ECC Indonesia Jembatan Pendidikan Luar Negeri

Kegiatan Cooking Booth diselenggarakan secara online pada 1 Agutus 2021 dengan platform zoom. Tema yang diangkat adalah Potensi Bisnis Kuliner Online Rumahan dengan sesi praktek Olah Ramen by Warasa, Bumbu Halal Masakan Jepang.

Dipandu oleh CEO Komunitas #KedaiKopiKaji, Puguh HS, agenda Cooking Booth online tersebut dihadiri sekitar 25 orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Agenda diawali dengan Secangkir Kopi Hangat #KedaiKopiKaji, yaitu kultum tentang Hikmah Pandemi C-19. Intinya adalah kematian itu dekat dan pasti.

Karenanya, orang yang cerdas adalah orang yang mempersiapkan menyambut kematian tersebut sehingga mendapatkan kematian husnul khotimah.

Sebagai pelaku ekonomi, para pengusaha harus tetap menjalankan usahanya dengan cara yang halal sebagai salah satu upaya untuk menjemput kematian yang husnul khotimah tersebut.

Potensi Bisnis Kuliner

Selanjutnya, Chef Iwan Rianto memandu Potensi Bisnis Kuliner Online Rumahan. Pada pembukaannya disampaikan bahwa Warasa Bumbu Halal Masakan Jepang merupakan bumbu yang diproduksi oleh Kemfarm Indonesia bekerja sama dengan Ikeda, Jepang. Background-nya adalah:

  1. Citarasa makanan Jepang bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan, saat ini makanan Jepang seakan sudah diterima dan menyatu dengan lidah masyarakat Indonesia.
  2. Dalam makanan Jepang, ada bumbu yang secara syari’at Islam tidak terkategori halal. Padahal mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim dan peduli tentang kehalalan suatu makanan. Karena itulah salah satu fokus dari bumbu Warasa adalah kehalalan dari bahan baku bumbunya. Kehalalan bumbu Warasa sudah diakui oleh LPPOM MUI. InsyaAllah menentramkan bagi umat Islam.
BACA JUGA  APA ITU PAILIT DAN BANGKRUT ?

Chef Iwan Rianto yang juga seorang alumni IPB University ini lebih lanjut menjelaskan bahwa di tengah pandemi yang membatasi aktifitas masyarakat, Warasa Bumbu Halal Masakan Jepang membuat gebrakan dengan membuat program Ghost Kitchen yaitu membimbing start up membangun bisnis kuliner rumahan.

Program tersebut memberikan subsidi bumbu dan kemasan untuk 100 porsi pertama plus bimbingan intensif dan promosi. Program ditawarkan kepada anggota Komunitas #KedaiKopiKaji. Paparan simulasi hitungan HPP (harga pokok produksi) yang cukup feasible, manjadikan program tersebut mendapatkan antusias yang sangat baik dari peserta Cooking Booth.

Terbukti dengan adanya beberapa anggota Komunitas #KedaiKopiKaji yang menyodorkan persetujuan untuk menjadi mitra Warasa Bumbu Halal Jepang.

BACA JUGA  Lagi Resesi ? Bisnis Online Tanpa Modal YukKuy 1

Sebelum berakhir, Chef Iwan Rianto yang memang hobi masak saat masih mahasiswa, mendemonstrasikan olah Ramen ala Warasa dengan format kemasan kuliner online. Tidak lama, cukup dengan waktu sekitar 30 menit, RAMEN KAFFAH ala Warasa Bumbu Halal Masakan Jepang sudah tersaji dalam kemasan online dan siap untuk diantar atau pick up. Dan yang terpenting, HALAL & rasanya tetap Jepang banget ! [Budi, 04/08/2021, #KedaiKopiKaji]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.