IPB Road To 27 Reunion : Menjadi lebih Kompak, Dermawan dan Maju Bersama

0
598

Bogor, MuaraIndonesia.com – Waktu memang belalu dengan cepat, 30 tahun tidak terasa bagi angkatan 27 (1990) yang pernah merasakan tempaan matrikulasi Tingkat Persiapan Besama di IPB dengan tempaan idealisme, disiplin tinggi, persaingan ketat, dengan suasana religius dan toleransi yang luar biasa.

Kemarin, sabtu, 07/08/2021, acara Road To 27 Reunion di gelar kembali, kendati terpaksa dilakukan secara Virtual Zoom, karena suasana pandemi COVID-19 yang belum juga reda, tetapi tidak mengurangi kemeriahan acara reuni ini. Bahkan bisa menjangkau peserta yang lebih luas.

Kejelian panitia penyelenggara yang diketuai oleh Kang Apep (E), dipandu oleh para MC yang terlatih sangat (Metria Metriva (TIN), Sri Utami Wulandari (C), dan Agus Muslih (MP) menjadi kunci keberhasilan acara yang dihadiri 400 an dari 526 orang angkatan 27 IPB.

Terbaiknya adalah acara dimulai dengan doa untuk kawan-kawan kami yang sudah mendahului menghadap Allah SWT dan kesembuhan untuk kawan-kawan yang saat ini sedang dilanda sakit, khususnya COVID-19.

BACA JUGA  Wabah Korona, Kemendagri Optimis Pilkada Serentak Tetap Digelar 9 Desember

Menariknya adalah bagaimana antusiasnya para alumni angkatan 27 IPB terhadap program donasi ambulance yang diinisiasi Himpunan Alumni IPB, dalam hal ini bapak Iman Hilman (Ketua DKM Mesjid Alumni IPB) mengumumkan kekurangan dana untuk membeli ambulance yang dibutuhkan Civitas Academica IPB dan masyarakat seputar kampus IPB dan Bogor pada umum, yang amat diperlukan saat pandemi COVID-19 ini.

Dengan dipandu oleh pak Walneg (Ketua Angkatan 27), yang menerangkan pentingnya keberadaan ambulance bagi siapa saja warga bogor yang membutuhkan, yang dikaitkan dengan amal jariah yang akan didapat oleh penyumbang maka dalam waktu kurang dari 2 jam terkumpul uang lebih dari Rp.300.000.000 luar biasa mantap.

Kemajuan IPB

Oya bahagianya angkatan 27 adalah karena pak Dr. Arif Satria (Rektor IPB) saat ini adalah alumni seangkatan. Pak rektor yang multitalenta dan religius, disela sambutannya sempat mengutip hadist : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain”.

BACA JUGA  Gubernur Erzaldi: Kita Persiapkan Anak-Anak Jadi Seorang Pencerah dan Generasi Islami

Beliau menjelaskan mulai dari peringkat IPB yang terus naik di jajaran universitas di Indonesia, Asean, Asia dan Dunia. Juga model integrasi kegiatan pembelajaran & kemahasiswaan dalam kurikulum 2020-Merdeka Belajar di IPB, sehingga lulusan ipb diharapkan menjadi Excellent Technosociopreneur (Powerful Agile-Learner).

Pak Rektor juga menjelaskan berbagai Inovasi IPB Smart Farming & Manajemen Lingkungan 4.0 antara lain:

  • Platform Ecosystem, Sistem Pintar Deteksi Konversi Lahan.
  • Fire Risk System (FRS), Sistem Prediksi Kebakaran Hutan.
  • SMARTSeeds, Layanan informasi pemupukan dan irigasi untuk berbagai komoditas sayuran.
  • Deteksi Pintar Kesehatan Tanaman Padi.
  • Preci Palm Meningkatkan efisiensi pemupukan 20%.
  • FASTREX, Teknologi Mesin Transporter dan Pemupuk Presisi untuk Kelapa Sawit.
  • Deteksi Pintar Kematangan Buah.
  • SMART Integrated Pest Management
  • Apartemen Kepiting 4.0
  • TREKfish, Aplikasi untuk menelusuri jejak penangkapan ikan.
BACA JUGA  Dindikbud Kabupaten Bangka Selatan hadiri kegiatan survei cerita rakyat di SMP IT PTQ Simpang Rimba

Disamping itu pak rektor menjelaskan tentang, penciptaan benih unggul dan tahan perubahan iklim 70 VARIETAS UNGGUL IPB (padi, cabai, pepaya, pisang, melon, banggis, nanas, kedelai hitam, kacang panjang, tomat dan kentang, kecipir, okra, kacang tunggak, bunga matahari).

Acara IPB Road To 27 Reunion Acara kali ini banyak hiburan dan door prize nya. Om daud (tanah 27) dkk membawakan lagu penuh penghayatan, dan keren. Juga ada pembacaan puisi oleh 2 orang seniman puisi angkatan 27 yang sahdu.

Selamat ya panitia reuni 27, semoga reuni selanjutnya semoga sinergi antar angkatan 27 menjadi lebih solid dan kokoh.

Reporter: Iqri Sulizar (Alumni IPB, F.270818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.