Memecahkan Problem Dengan Solusi Ala Design Thinking

0
1507
Design Thinking
Design Thinking

Bogor, MuaraIndonesia.com – Banyak permasalahan manusia didalam kehidupan sehari-hari, terutama didalam bisnis yang membutuhkan solusi. Dan ada banyak cara/tools yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah tersebut.

Misal ketika seorang kawan di Jogyakarta melihat bahwa desa asalnya kehidupannya ekonomi warganya amat dibawah rata-rata, mulai timbul ide dikepalanya bagaimana caranya mendesain solusi berbasis potensi desa dan komunitas, ala Design Thinking. Semua dipikirkan dari awal bagaimana solusi yang dirancang bersama komunitas dan warga desa, hingga sekarang menjadi desa wisata yang ramai.

Ada banyak lagi mereka yang sukses memecahkan problem masyarakat dan bisnis dengan menggunakan pendekatan ini.

Design thinking adalah metodologi desain yang memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Saat ini banyak dipakai oleh startup dalam membuat produk mereka. 

BACA JUGA  Lanjutan Merger Grab dan Gojek

Design thinking ini sangat berguna dalam mengatasi masalah kompleks dengan memahami kebutuhan manusia yang terlibat, dengan membingkai ulang masalah, dengan cara yang berpusat pada manusia, dengan menciptakan banyak ide dalam sesi brainstorming, dan dengan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan ide prototipe dan pengujian.

Ada lima tahap model yang diusulkan oleh Institut Desain Hasso-Plattner di Stanford (d.school). Lima tahap Design Thinking ialah: EmpathizeDefineIdeateProrotype, dan Test. Berikut perinciannya :

Infografik Design Thinking
Infografik Design Thinking

1. Emphatize

Tahap pertama ialah untuk mendaptkan pemahaman empatik dari masalah yang ingin dipecahkan. Pada tahap ini dilakukan pendekatan terhadap customer kita. Apa sebenarnya yang diinginkan oleh mereka. Hal ini dapat dilakukan terjun langsung ke lapangan bertemu dengan mereka melakukan wawancara dan dapat juga bertindak seolah menjadi mereka. Agar permasalahan customer yang benar-benar ingin diselesaikan dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA  UKM Durio Belitung

2. Define

Informasi yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize, dianalisis dan disintensis untuk menentukan masalah inti yang akan diidentifikasi. Tahap define ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah customer karena telah dilakukan penetapan masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.