Data Diduga Milik 2 Juta Nasabah BRI Life Dijual di Internet

0
292

Jakarta, MuaraIndonesia.com – Data nasabah asuransi BRI Life diduga bocor dan dijual secara online. Sebuah akun Twitter mencuit dugaan kebocoran data anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI itu.

Di sebuah akun di dalam salah satu forum hacker mengaku memiliki data lebih dari dua juta nasabah BRI Life beserta 463 ribu dokumen pendukung. Akun tersebut menjual data dan dokumen pribadi ini sebesar US$7 ribu (sekitar Rp101 juta).

Dalam video berdurasi 30 menit, akun penjual database itu menjelaskan data dan dokumen sebesar 250 GB yang berhasil mereka peroleh. Database dua juta nasabah BRI Life yang ditawarkan mencakup pin polis asuransi berbentuk Secure Hash Algorithm 1 (SHA-1), serta detail lengkap mengenai nasabah pengguna BRI Life, termasuk manfaat yang diterima.

Dokumen pendukung yang dijual oleh akun tersebut juga sangat lengkap, mulai dari foto KTP, Kartu Keluarga, foto buku rekening, akta kelahiran, akta kematian, bukti transfer, foto hasil lab, hingga keterangan penyakit.

Melalui akun Twitternya, perusahaan keamanan digital Hudson Rock menjelaskan bahwa mereka telah mengidentifikasi beberapa komputer karyawan BRI Life yang disusupi oleh peretas sehingga para peretas tersebut memperoleh akses terhadap data perusahaan.

Bocornya data pribadi dalam jumlah besar ke tangan peretas sudah berulang kali terjadi. Dua bulan yang lalu, atau tepatnya pada bulan mei, sebuah akun di situs RaidForums mengaku memiliki sekitar 279 juta data penduduk Indonesia yang diduga berasal dari BPJS Kesehatan.

Sejumlah perusahaan teknologi juga pernah mengalami hal yang sama. 91 juta data pengguna Tokopedia pernah dijual oleh peretas seharga US$5 ribu (sekitar Rp71 juta). Perusahaan fintech Cermati pada November 2020 mengalami kebocoran data yang mengakibatkan 2,9 juta data pelanggannya tersebar di forum hacker. Beberapa perusahaan teknologi lainnya seperti Bukalapak, Bhinneka, dan Reddoorz juga pernah mengalami kebocoran data.

(Sumber: https://id.techinasia.com/, diedit oleh Iqri Sulizar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.