Anniversary ke 53 Tahun: Meletakan Dasar Kebangkitan Biotrop

"Menanam Sekarang untuk Masa Depan Bumi dan Umat Manusia"

0
354

Bogor, MuaraIndonesia.com – Pidato Dr. Zulhamsyah Imran(Direktur Seameo Biotrop) – Kamis, 8 April 2021 adalah hari peringatan HUT Biotrop ke 53. Pada hari itu saya dan Rektor IPB University ikut menanam eboni salah satu pohon langka di Nusantara. Tentunya aksi penanaman pohon langka ini juga diikuti oleh beberapa tamu lainnya, yaitu Dr. Irdika Mansur, Prof Bambang Purwantara, Dr Sumardyono, Dr. Ni Luh Annie, Dr Bahrum, Dr. Fredinan Yulianda, dan beberapa tamu lainnya.

Aksi penanaman pohon langka adalah sebagai simbol peletakkan dasar yg lebih kuat utk kebangkitan Biotrop. Pohon langka yg memiliki sistem perakaran yg kuat dan tegakan yg tinggi serta cabang yg kuat melambangkan betapa pentingnya Biotrop menjaga dan menyelematkan biodiversity.

Semangat kebangkitan Biotrop selain ditandai penanaman pohon langka nusantara juga tercermin dari pidato yg disampaikan Dr Zul sebagai Direktur Seameo Biotrop. Berikut petikan pidato yg disampaikan pada peringatan HUT ke 53 Biotrop dgn penuh semangat dihadapan tamu undangan baik secara daring dan luring.

BACA JUGA  Rakor Apdesi Kabupaten Belitung Timur Sebagai Ajang Silahturahmi

Saya, Zulhamsyah Imran mengucapkan selamat datang di Seameo Biotrop, salah satu dari 26 research centers di Kawasan Asia Tennggara yang tergabung dalam Southeast Asian Ministers of Education Organization in Southeast Asia. Saya merasa sangat teharu dan gembira pada awal kepemimpinan saya sebagai direktur Seameo Biotrop periode 2021-2023 dapat merayakan Hari Ulang Tahun ke 53 Seameo Biotrop baik secara luring (offline) dan daring (online). Disrupsi Digital dan Pandemic covid 19 telah membuat kita semua dapat bertemu secara lebih luas tanpa mengenal batasan jarak, walaupun kadang kita merasa telah membuat orang-orang yang dekat menjadi jauh dan orang-orang yang jauh menjadi jauh. Namun demikian, hidup kita harus terus berjalan untuk mencapai tujuan, yaitu kebahagian dunia dan akhirat. Hari Ulang Tahun Seameo Biotrop pada 6 Februari 2021 lalu adalah satu siklus tahunan untuk mengingatkan kita bahwa sebagai umat manusia dan hamba Allah untuk senantiasa terus berbuat baik untuk kehidupan semesta alam, termasuk mengelola keanekaragaman hayati tropika dunia.

BACA JUGA  Danrem 045 Garuda Jaya : Keberadaan DPD PJID Bangka Belitung Semakin Meningkatkan Sinergisitas TNI & Jurnalis di Babel

Hadirin dan Hadirat yang berbahagia

Pertama-pertama, pada kesempatan yang berbahagia ini, mari kita panjatkan rasa syukur kita kpd Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat iman dan kesehatan kepada kita semua, sehingga kita terus dapat berinovasi dalam menghasilkan karya-karya besar untuk melengkapi dan menyempurnakan peradaban manusia. Selawat dan salam mari kita sampaikan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW, yg telah memgajarkan manusia utk memperkuat kepercayaan kepada ajaran monoisme dan mengarahkan umatnya untuk mencintai peradaban dan seluruh isi alam semesta dengan penuh kesalehan. Dari beliau jualah, terus memginpirasi manusia pada abad milineal saat ini melahirkan IPTEK dan inovasi yang senantiasa belandaskan pada Ajaran Agama SAMAWI.

Penanaman Pohon Bersama Rektor IPB
Penanaman Pohon Bersama Rektor IPB

Selanjutnya izinkan saya untuk menyampaikan beberapa hal stategis dan penting dalam rangka transformasi Seameo Biotrop menuju era digitalisasi. Pertama, Seameo Biotrop sangat sadar bahwa tantangan industry 4.0 dan society 5.0 bukan hanya sudah didepan mata, tetapi bagi Biotrop kedua revolusi besar abad ini harus dapat dijadikan peluang besar dan diintegrasikan ke dalam mandat utamanya untuk mengembangkan penelitian, pelatihan, dan disiminasi informasi dalam bidang Biologi Tropika. Sebagaimana Kita tahu bersama betapa dunia digital telah mendisrupsi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk membunuh lapangan kerja konvensional, namun di sisi lain telah menciptakan lapangan kerja baru yang menuntut kita untuk terus belajar dan berinovasi. Untuk itu, evolusi besar harus dilakukan dari sistem management konvensional menjadi sistem management digital yang dikemdalikan dari telunjuk manusia dengan hanya sati sentuhan.

BACA JUGA  Upacara HUT RI ke-76 Pemkab Bangka Selatan Menerapkan Protokol Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.