Ini Situs Media Online yang Membayar Penulis – Bagian 1

0
256

Bogor, MuaraIndonesia.com – Bekerja di Rumah (BDR) di masa pandemi COVID-19 kadang membuat banyak waktu yang tersedia. Para pekerja yang biasanya habis waktu di jalan, sekarang mempunyai waktu luang untuk menulis. Kesempatan belajar menulis bagi yang berminat, atau memperbanyak tulisan bagi yang sudah terbiasa menulis.

Saat ini, cukup banyak media online atau situs yang menerima tulisan dari penulis luar. Dari website yang tergolong kecil hingga situs berita dari group besar. Setiap tulisan yang tayang, para penulis bisa mendapatkan honorarium yang layak.

Ada pengelola website/situs yang membayar per tulisan atau dalam bentuk poin yang bisa dikonversi ke dalam rupiah. Jumlah poin atau honor dihitung berdasarkan jumlah view atau pembaca. Namun, kebanyakan situs membayar penulis dengan jumlah honor yang sudah ditentukan, bahkan nilainya ada yang lebih tinggi dari honor media cetak.

BACA JUGA  Lagi Resesi ? Bisnis Online Tanpa Modal YukKuy 1

Misalnya, ada situs yang membayar tulisan berupa essay sepanjang 700-1200 kata sejumlah Rp250-750 ribu. Ada juga yang membayar satu tulisan Rp2,5 juta. Ini umumnya berlaku untuk situs luar negeri.

Melihat jumlah rata-rata honor tulisan di media online, maka penulis milenial bisa mengandalkan honor untuk kebutuhan sehari-hari. Jika dalam sebulan kita mampu menulis (dan dimuat) 15 artikel saja dan setiap tulisan dibayar Rp250 ribu, maka kita bisa menghasilkan Rp3,75 juta.

Mojok.co

Situs yang punya motto “sedikit nakal banyak akal” itu dalam laman Kirim Artikelnya menyatakan Kontributor yang karyanya dimuat di Mojok berhak mendapatkan honorarium yang insya Allah jumlahnya cukup kalau sekadar untuk ngajak mantan pacar makan di rumah makan yang lumayan elit.

BACA JUGA  Inilah Museum Sastra Pertama di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.