Jangan Takut Untuk Berobat, Simak Manajemen Pelayanan Kesehatan Klinik Saat Pandemi Covid-19

0
124

Penulis : Didik Iman Margatot S.Kep.,Ns
Pembimbing : Nina Dwi Lestari, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Kom

Ilustrasi Pelayanan Kesehatan Klinik

Yogyakarta, MuaraIndonesia.com – Pandemi Corona Virus Disease atau yang lebih sering dikenal dengan Covid-19 sampai saat ini masih merebak di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Melansir data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sampai saat ini per tanggal 28/03/2021 jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 1.496.085 kasus yang terdeteksi positif Covid-19.

Semakin meningkatnya kasus tersebut juga berdampak pada berbagai aspek kehidupan terutama dalam hal pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kesehatan primer seperti di lingkup Puskesmas maupun Klinik.

Melansir dari media Suara.com berdasarkan data dari survey MarkPlus Industry Roundtable edisi ke 20 menunjukkan adanya fenomena penurunan jumlah masyarakat yang berkunjung ke pelayanan kesehatan seperti rumah sakit maupun klinik.

BACA JUGA  Pilkada 2020 Menguji Kreatifitas Kita Semua

Tercatat sebanyak 71,8 persen responden mengaku tidak pernah mengunjungi rumah sakit ataupun klinik saat pandemi Covid-19.

Dalam menyikapi fenomena diatas, saat ini Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sendiri membuat buku petunjuk teknis (Juknis) pelayanan kesehatan di Klinik pada masa pandemi Covid-19 dimana ini dapat dijadikan acuan untuk beberapa Klinik sebagai pelayanan kesehatan primer (Primary Healthcare) dalam memberikan Pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar.

Sesuai dengan buku petunjuk teknis tersebut disebutkan bahwa setiap proses manajemen seperti manajemen pelayanan, manajemen sumber daya manusia (SDM), manajemen sarana prasarana maupun alat kesehatan, dan manajemen mutu dan lain sebagainya perlu ditata ulang sesuai dengan kondisi pada masa pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan petugas maupun masyarakat dalam penyebaran virus Covid-19.

BACA JUGA  Santri Adalah Arsitek Perubahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.