Menjadi Pemimpin Dengan Menggunakan Teori Pembelajaran Reflektif “Gibbs”

0
1342

Tahap ketiga yaitu evaluasi yang meliputi penilaian tentang apa yang berjalan dengan baik dan tidak dalam acara tersebut. Setelah melakukan evaluasi, tahap ke empat adalah tahap analisis dimana seseorang melakukan analisa tentang kejadian, perasaan dan evaluasi tentang apa yang terjadi untuk memahami pengalaman.

Tahap ke-empat adalah conclusion atau menyimpulkan suatu kejadian atau masalah. Pada tahap ini apabila seseorang telah menyelesaikan semua langkah atau bagian secara efektif dan jujur, mereka harus dapat mencapai kesimpulan tentang bagaimana meningkatkan dan mengembangkan rencana kedepan yang lebih baik.

Dalam tahap ini juga, seseorang didorong untuk memikirkan kembali rencana tersebut dengan menggunakan informasi yang telah dikumpulkan.

BACA JUGA  AKSI DAMAI KELOMPOK WARTAWAN BELITUNG KECAM KEKERASAN DAN INTIMIDASI JURNALIS

Setelah itu untuk tahap terakhir adalah Action Plan dimana seseorang harus mengumpulkan tindakan yang mungkin dilakukan untuk menangani situasi serupa dengan lebih efektif di masa depan. Sebuah rencana tindakan harus dikembangkan untuk membuat perubahan yang diperlukan.

Dengan adanya teori pembelajaran dari Gibbs ini bisa menjadi acuan bagi semua calon pemimpin yang akan menjadi seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan maupun dalam penyelesaian masalah demi mencapai tujuan bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.