Penerapan Model GIBBS Reflective Cycle Dalam Kepemimpinan Keperawatan

0
114

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta – Ns. Triana Savitri, S. Tr, Kep (Mahasiswi Magister Keperawatan).

Dosen Pembimbing : Shanti Wardaningsih, Ns.,M.Kep.,Sp.Jiwa.,PhD.

Yogyakarta, MuaraIndonesia.com – Kepemimpinan yaitu kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain sebagai pengikutnya kepemimpinan ada empat aspek, yaitu: 1) Leader, 2) Pengikut, 3) tujuan, dan 4) situasi dan komunikasi (Nursalam, 2007).

Perilaku kepemimpinan akan tercermin dari gaya kepemimpinannya yang muncul pada saat memimpin bawahannya. Dalam mempengaruhi kinerja bawahannya diperlukan gaya kepemimpinan yang efektif (Pujiyanto and Setyono). Gaya kepemimpinan menurut Lippits dan K. White dalam (Nursalam, 2014) terdapat tiga gaya kepemimpinan yaitu otoriter, demokrasi, dan liberal.

Terdapat banyak metode penerapan penyelesaian kasus sebagai seorang pemimpinan salah satunya adalah metode reflektif. Metode reflektif dalam keperawatan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menjadi problem solving sehingga perawat dapat melakukan asuhan keperawatan secara optimal.

BACA JUGA  KEMENKES: Batasan Biaya Tertinggi RAPID TEST Untuk Pasien Mandiri

Berdasarkan Permenkes RI No.836/Menkes/SK/VI/2005 yang mengatur tentang pedoman pengembangan manajemen perawat bahwa para tenaga keperawatan disarankan melakukan Diskusi Refleksi Kasus (DRK) untuk merefleksikan pengalaman klinis.

Pembelajaran dengan metode reflektif merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengingat kembali suatu kejadian yang pernah terjadi dalam bentuk observasi maupun pengalaman sendiri. Refleksi melakukan pengajian ulang terhadap kejadian yang terjadi dengan mempertimbangkan proses, masalah isu dan belum tercapainya tujuan dari strategi yang telah dilakukan.

Metode ini menjadi landasan untuk merencana tindakan dengan melihat variasi prespektif yang memiliki aspek evaluatif dalam mempertimbangkan dampak dan hasil yang didapat.

Graham Gibbs adalah ahli pendidikan yang terlibat dalam proyek penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan peningkatan pengajaran dan pembelajaran mahasiswa di intitusi pendidikan.

BACA JUGA  MEMILIH Dan TERPILIH Pemimpin Daerah

Model Gibbs telah banyak digunakan dalam pendidikan profesional keperawatan dan kesehatan untuk memfasilitasi refleksi pada praktik. Siklus reflektif Gibbs digunakan untuk menyediakan kerangka teoritis formal untuk praktik reflektif yang terstruktur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.