Bisnis 7 Generasi

0
333

MuaraIndonesia.com, Oleh Prima Irmansyah (Founder Aberka Online)

Kongo Gumi yang dinobatkan sebagai perusahaan tertua di dunia, memang layak diteladani. Didirikan pada tahun 578M, perusahaan spesialis konstruksi, pemeliharaan dan perbaikan kuil Budha yang saat ini berpusat di Osaka, Jepang, selama 1.400 tahun tetap setia mempertahankan teknik dan peralatan tradisional yang diwariskan turun temurun sejak dari pendirinya, Shigemitsu Kongo.

Jepang, barangkali negara dengan jumlah perusahaan panjang umur terbanyak di dunia. Di negara ini, tercatat ada 8 perusahaan yang berusia di atas 1.000 tahun, lebih dari 3.000 perusahaan di atas 200 tahun, dan tak kurang dari 21.000 perusahaan berusia lebih dari 100 tahun.

Rahasia panjang umur Kongo Gumi menjadi perhatian banyak ahli. Beruntung, Yoshisada Kongō, Pemimpin ke-32 perusahaan ini telah menuliskannya dalam buku “Shokuke Kokoroe No Koto”, atau “pengetahuan keluarga tentang perniagaan”.

BACA JUGA  Bagaimana Berbisnis Online Dengan Cepat Via Landing Page ?

Para analis Barat heran mendapati buku ini ternyata tidak berisikan kiat-kiat bisnis yang diharapkan seperti kontrol kualitas, kepuasan pelanggan, dan lain-lain semacam itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.