Pimpinan OPD Pemkab Beltim Positif COVID 19

0
128

Manggar, Muaraindonesia.com – Salah seorang pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Belitung Timur, H (55) terkonfirmasi positif COVID-19. Diduga H tertular saat melakukan perjalanan dinas ke luar daerah tepatnya Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada dua minggu lalu.

Sekretaris Satgas Penanganan dan Pengendalian COVID 19 Kabupaten Beltim Ikhwan Fahrozi mengatakan pasien H diketahui positif COVID 19 saat dilakukan swab pada 8 Oktober dan 9 Oktober 2020. Warga Desa Lalang Kecamatan Manggar itu sebelumnya memeriksakan di ke RSUD Beltim dengan keluhan demam panas dan batuk berdahak pada 7 Oktober 2020 lalu.

“Keluhan tersebut disertai lemas, dan sesak. Yang bersangkutan pun punya riwayat pernah melakukan perjalanan ke luar daerah. Terhadap pasien juga dilakukan pemeriksaan rontgen dan rapid test dengan hasil reaktif,” ungkap Ikhwan seusai Acara Puncak Peringatan Hari Jadi Kota Manggar ke 149 di Taman Segitiga Manggar, Jum’at (9/10/20).

Mengingat pasien mempunyai gejala COVID 19 dan mengeluh sakit, saat ini H tengah dirawat di RSUD Beltim untuk diberikan perawatan intensif.

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim tengah melakukan pelacakan terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan pasien. Bahkan menurut Ikhwan, anak buah di OPD yang H pimpin akan diisolasi dalam satu kantor.

“Khusus untuk kantor OPD yang bersangkutan, kita minta kantornya dinon aktifkan sementara. Seluruhnya yang bekerja di sana kita isolasi mandiri di kantor tersebut. Yang pernah kontak akan langsung kita swab, bukan lagi rapid,” kata Ikhwan.       

Dengan adanya penambahan pasien COVID 19 ini, tercatat sudah 13 pasien COVID 19 di Kabupaten Beltim. Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim itu pun menghimbau agar orang-orang yang pernah kontak dapat melapor ke DKPPKB untuk dilakukan pemeriksaan.

“Ini peringatan bagi kita, COVID belum selesai. Jangan terlalu banyak melakukan kegiatan yang akan membuat kita lalai dan melupakan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tegas Ikhwan*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.