Menguak Gunung Tidar (Antara Legenda dan Fakta)

0
214

Magelang, MuaraIndonesia.comProf. Dr.-Ing. Fahmi Amhar (Pakar Geospasial, Pemerhati Magelang)

Gunung Tidar di Magelang adalah bukit paling terkenal di Indonesia. Ini tak cuma karena di sana ada Akademi Militer, namun juga karena mitos bahwa Gunung Tidar adalah “pakunya Pulau Jawa”.

Kata sahibul hikayat, dulu pulau Jawa miring ke barat, karena ada gunung raksasa di sana. Kemudian para dewa rapat dan lalu sepakat meletakkan ulang gunung itu agar merata di pulau Jawa. Singkat cerita akhirnya di atas pulau Jawa berderet gunung-gunung. Dan Tidar yang merupakan inti gunung yang asli jatuh tepat di tengah pulau Jawa.

Benarkah titik tengah (centroid) pulau Jawa adalah Gunung Tidar? Berdasarkan analisis geospasial, hal itu tidak terbukti. Centroid Pulau Jawa ada di daerah Wonosobo! Tapi tak apalah. Tugu “Pakunya Pulau Jawa” di puncak Tidar tidak perlu dipindah.

BACA JUGA  ILMU "VAKSIN" DARI OTTOMAN

Berdasarkan kajian geologi, gunung ini berada di tengah dataran. Tingginya hanya sekitar 100 meter dari sekitarnya. Patut diduga, gunung ini dulu adalah muntahan lumpur (mud-volcano), semacam yang sedang berproses di Sidoarjo. Namun perlu kajian geofisika dengan alat seismik atau Ground Penetrating Radar (GPR) untuk mengetahui struktur batuan di dalamnya.

Monumen tombak Syaikh Subakir di Gunung Tidar. shutterstock.com
Tugu Putih Paku Tanah Jawa . shutterstock.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.