Kiat Keamanan Akun WhatsApp Anda

0
305

Pangkalpinang, MuaraIndonesia.com – Karena semakin banyak orang yang galau disebabkan peretasan akun WhatsApp yang marak di era pandemi ini, menurut situs resmi whatsapp begini kiat mengamankan akun WA:

  • Aktifkan verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan akun Anda.
  • Jangan pernah membagikan kode verifikasi 6 digit SMS WhastApp dengan orang lain, bahkan jika orang tersebut tampak seperti orang yang Anda kenal atau organisasi yang Anda percayai. WhatsApp tidak meminta Anda untuk membagikan kode verifikasi Anda.
  • Atur kunci PIN untuk lebih mengamankan telepon Anda.

Bagaimana cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp ?

Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang memberikan keamanan tambahan pada akun Anda. Ketika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp harus disertai dengan PIN enam digit yang Anda buat dengan menggunakan fitur ini.

BACA JUGA  Google Cloud Platform (GCP) Hadir di Indonesia
Cara menggunakan verifikasi dua langkah di WhatsApp

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > Setelan/Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda juga memiliki opsi untuk memasukkan alamat email Anda. Alamat email ini akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi Anda tautan via email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika suatu saat Anda lupa PIN enam digit Anda, dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.

Whatsapp tidak memverifikasi alamat email ini untuk mengonfirmasikan akurat atau tidaknya. Tetapi sangat merekomendasikan Anda untuk memberikan alamat email yang akurat sehingga akun Anda tidak akan terkunci jika Anda lupa PIN Anda.

Penting: Jika Anda menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tetapi tidak memintanya, mohon jangan mengklik tautan tersebut. Seseorang mungkin sedang mencoba untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp.

BACA JUGA  Inovasi Baru: GOPAY untuk Transaksi Pembayaran Paypal

Jika verifikasi dua langkah Anda diaktifkan, nomor telepon Anda tidak akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak WhatsApp terakhir digunakan tanpa PIN Anda.

Jadi, jika Anda lupa PIN Anda, tetapi sebelumnya tidak memberikan email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, Anda tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp.

Setelah 7 hari, nomor telepon Anda akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN, tetapi Anda akan kehilangan semua pesan tertunda setelah memverifikasi ulang – pesan tersebut akan dihapus.

Jika nomor Anda diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN setelah 30 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp, akun Anda akan dihapus dan akun baru akan dibuat setelah verifikasi ulang sukses dilakukan.

BACA JUGA  WhatsApp Menambahkan Fitur Cari di Web



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.