APA ITU PAILIT DAN BANGKRUT ?

0
161

MuaraIndonesia.com, Oleh Basri Adhi – Menghadapi musim pandemi COVID-19 ada baiknya wirausaha memahami dua kata yang menakutkan dunia usaha yaitu PAILIT dan BANGKRUT. Untuk itu redaksi menurunkan tulisan Basri Adhi (Founder dan Owner BHR Agency – AIA Financial) tentang kedua hal tersebut.

Saya tulis artikel ini, karena banyaknya pertanyaan dari nasabah saya terkait RENCANA dua orang mantan agen perusahaan asuransi tempat saya bekerjasama untuk mengajukan gugatan pailit melalui mekanisme PKPU sesuai UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.

Banyak nasabah bingung dan takut ini berpengaruh pada uang program asuransi (terutama yang terkait produk unit link, karena ada investasinya) yang dipercayakan pada perusahaan tersebut.

Secara keuangan -sejauh ini – perusahaan tersebut tak ada masalah. Kinerja masih baik-baik saja, jauh dari kata bangkrut. Karena BANGKRUT dan PAILIT adalah dua hal yang berbeda.

Begini kira-kira ceritanya : Pailit diatur dalam UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang ( PKPU). Menurut UU tersebut, sebuah perusahaan dinyatakan pailit ketika ada debitur (pihak yang perusahaan yang memiliki hutang), dinyatakan tidak membayar hutang yang jatuh tempo dari dua atau lebih kreditur (pihak yang memberi hutang pada perusahaan).

Status pailit berlaku ketika sudah ada putusan dari Pengadilan Niaga, baik berasal dari permohonan sendiri maupun satu atau lebih kreditor. Setelah dinyatakan pailit, pengadilan memutuskan untuk menjual seluruh aset perusahaan yang hasilnya digunakan untuk membayar kewajiban debitur yang sudah berstatus pailit ke kreditur. Pengurusan aset selama pailit dilakukan oleh kurator yang ditunjuk pengadilan.

Artinya, hanya Pengadilan Niaga, melalui serangkaian proses persidangan yang bisa memutuskan sebuah perusahaan pailit atau tidak. Dan upaya hukum baik dari Debitur atau Kreditur bisa sampai ke level Kasasi di Mahkamah Agung. Bukan proses peradilan sehari dua hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.