Pengeringan Cabe, Simplisia, Umbi Dan Rimpang Menggunakan Matahari, Kipas Angin Dan Tray Drier

0
470

MuaraIndonesia.com, Oleh : Dr. Tjahja Muhandri (Pengajar Dept Ilmu dan Teknologi Pangan IPB dan Peneliti di Seafast Center IPB)

Pengeringan merupakan proses dimana terjadinya penurunan kadar air dalam suatu bahan sampai mencapai kadar air tertentu sehingga dapat memperlambat laju kerusakan bahan yang diakibatkan oleh aktivitas biologis ataupun kimia.

Terdapat beberapa metode pengeringan yang banyak digunakan di masyarakat antara lain metode matahari, metode dengan udara kering, dan metode kering angin.

Penelitian sebelumnya oleh Purwanti et al. (2018) mengungkapkan pengeringan dengan metode matahari dapat menyebabkan terjadinya degradasi klorofil terhadap daun pandan (Pandanus amaryllifolius) akibat terpapar cahaya dengan intensitas tinggi sedangkan pada metode kering angin terjadi degradasi klorofil yang disebabkan oleh kandungan air yang terdapat dalam daun pandan yang menyebabkan terjadi reaksi enzimatis.

BACA JUGA  Teknologi Pengalengan untuk Skala Usaha Kecil Menengah (UKM)

Hal tersebut terjadi dikarenakan metode kering angin membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk proses pengeringan sehingga degradasi klorofil menjadi feofitin semakin besar dan menghasilkan warna yang lebih coklat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.