Orang Tua Harus Fahami Psikologi Anak

0
272

Juli Sundari

Mahasiswi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Syekh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN)

Pangkalpinang. MuaraIndonesia.com. Di masa pembatasan sosial distancing akibat covid 19. orang tua harus beradaptasi untuk pengasuhan anak dirumah, karena pada masa ini interaksi dalam keluarga berubah lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Pengasuhan anak merupakan hal yang menentang bukan pada saat keadaan baik-baik saja tetapi dimasa-masa sulit ini penting bagi anda untuk mengambil langkah-langkah untuk membantu diri anda sendiri. Rawat diri anda sebaik-baik mungkin bertanggung jawab untuk pengasuhan anak dengan orang dewasa lain yang berada dalam isolasi bersama-sama dengan anda, luangkan waktu untuk diri anda sendiri untuk bekerja atau beristirahat, dan tetap lakukan rutinitas anda apabila memungkinkan.

Pertahankan kehidupan anda sedekat mungkin dengan rutinitas dan struktur anda biasanya. Tetap lakukan kegiatan spiritual, keagamaan atau kebudayaan yang membuat anda merasa nyaman. Mengenai anak anda apa yang mungkin dialami anak anda? Beberapa mungkin pada awalnya senang berada di rumah, tetapi seiring dengan waktu disrupsi terhadap rutinitas mereka terpisah dari teman dan pembatasan-pembatasan lain yang diterapkan akan meningkatkan stress mereka. Anak-anak mungkin mengalami naik turun dalam perilaku mereka dan emosi mereka mungkin berubah-ubah. Mereka mungkin menjadi luar biasa, aktif, agresif, diam atau sedih.

Anak-anak mungkin mengungkapkan ketakutan mereka, menjadi kewalahan, dan menunjukkan kecemasan. Mereka mungkin menangis atau lebih menempel pada orang tua lebih dari biasanya. Mungkin juga pola tidur mereka terganggu. Bagaimana anda membantu anak anda? Pertama yaitu tunjukkan kasih sayang kepada anak anda untuk meyakinkan dan menenangkan mereka sambil terus mempertahankan hubungan positif. Berikan mereka pelukan atau pegang tangan mereka. Katakana pada mereka bahwa anda mencintai mereka. Cari kesempatan untuk memuji anak anda pada saat mereka sudah melakukan sesuatu yang baik, seberapa kecilpun itu. Semakin sering anda memuji, semakin besar kemungkinan mereka untuk melakukannya lagi. Pastikan bahwa anda memberikan kegiatan bermakna yang membuat anak anda sibuk. Anak-anak lebih bisa mengelola masalah pada saat mereka membantu orang lain dan memiliki kesibukan.

Bersikap sabar terhadap anak anda dan coba untuk tidak mengkritik perubahan perilaku mereka, keinginan mereka untuk diyakinkan kembali atau keluhan mereka merasa bosan atau tidak punya kegiatan. Berikan perhatian pada perasaan anak anda. Dengarkan mereka dan akui bahwa sekarang adalah masa sulit. Apabila anda melihat anak anda mengalami peningkatan kecemasan atau kekhawatiran, tanyakan mengenai perasaan mereka. Memahami perasaan mereka akan membantu anda untuk menenangkan dan membuat mereka merasa nyaman. Dorong anak anda untuk bermain. Bermain sangat penting untuk membantu anak-anak menangani stress dan kekhawatiran, bermain membantu mereka mempertahankan beberapa aspek kehidupan mereka yang normal. Sisihkan waktu untuk olahraga bersama kluarga. Apabila bisa, tetaplah berhubungan dengan keluarga dan teman-teman melalui internet atau telepon atau video call. Berikan dukungan bagi anak dengan membantu mereka untuk tetap aman pada saat online/dalam jaringan (daring).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.