Xiaomi Bersiap Teknologi 6G

0
153

MuaraIndonesia.com, 02 Juni 2020

Dikutip dari Techinasia, Xiaomi sedang mempersiapkan langkah menuju pengembangan teknologi 6G. Seperti yang kita ketahui, meskipun ponsel 5G baru mulai menjadi arus utama tahun ini, Xiaomi telah memulai penelitian awal  konektivitas seluler generasi berikutnya, menurut co-founder and chairman Xiaomi Lei Jun.

Ini bukan pertama kalinya Jun menyebutkan 6G. Pada bulan Mei 2020, selama pertemuan legislatif tahunan Tiongkok yang dikenal sebagai  Two Sessions, wirausahawan menyiapkan empat proposal untuk rencana lima tahun berikutnya di Tiongkok. Salah satunya adalah menjadikan internet satelit sebagai industri strategis dengan memasukkan perusahaan swasta, yang akan menjadi langkah menuju pengembangan komunikasi 6G.

Jun kemudian mengklarifikasi bahwa Xiaomi tidak memiliki rencana untuk meluncurkan satelit itu sendiri. Tetapi ketika ia mengatakan kepada media lokal pada hari Minggu, 6G akan membutuhkan perangkat yang mendukung stasiun pangkalan dan satelit di belakang standar nirkabel baru.

Tetapi konsep 6G itu masih kabur, belum ada standar yang ditetapkan untuk mendefinisikannya. Namun, 6G perlahan-lahan menjadi kata kunci di kalangan perusahaan teknologi Cina. Perusahaan lain yang sudah melihat ke 6G adalah pembuat peralatan telekomunikasi ZTE dan China Telecom, salah satu dari tiga operator telekomunikasi milik negara RRC, yang menandatangani perjanjian pada bulan Mei 2020 untuk meneliti 6G secara bersama.

Pembuat smartphone Oppo dan pendiri Huawei Ren Zhengfei juga telah mengisyaratkan minat mereka pada teknologi tersebut.  RRC pertama kali mulai melakukan penelitian teknologi 6G pada 2018, menjadikannya salah satu negara pertama yang melakukannya.

Copyright (c) 2020. South China Morning Post Publishers Ltd. All rights reserved.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.