Membuat Usaha Rintisan (Startup) Dengan Cepat

0
505

Bogor, MuaraIndonesia.com – Oleh: Iqri Sulizar (Owner DS Indonesia, Fasilitator Gerakan 1000 Startup)

“Apa itu startup? Pada dasarnya startup adalah sebuah perusahaan yang berjalan dibawah 5 tahun alias perusahaan yang baru saja dirintis. Jadi bisa mencakup bidang usaha apa saja baik digital maupun non digital. Meskipun saat ini definisi Startup bergeser menjadi sebuah usaha yang baru berjalan dan menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan core business-nya & memecahkan sebuah masalah di masyarakat. Sehingga memiliki sifat ‘disruptive’ didalam sebuah pasar / industri yang sudah ada atau bahkan menciptakan sebuah industri baru. Tetapi kami tetap pada definisi pertama”

Dampak ekonomi akibat COVID-19 mulai terasa, banyak usaha yang maju dan banyak pula yang layu. Ada usaha yang sudah ditekuni berpuluh tahun harus tutup sementara, disebabkan pendapatan menurun atau ada pula yang zero bahkan minus.

BACA JUGA  Bagaimana Berbisnis Online Dengan Cepat Via Landing Page ?

Dampak ekonomi paling terasa dari pandemi COVID-19 adalah berkurang atau hilangnya  penghasilan pekerja perkotaan harian, mingguan atau bulanan. Terutama yang bekerja di pabrik-pabrik yang tutup atau bekerja tidak dengan kapasitas penuh karena berkurangnya pesananan atau ketiadaan bahan baku.

Pilihan bagi pekerja yang kena PHK saat ini tidak banyak pilihan. Pilihan paling rasional adalah berwirausaha sendiri, memulai berbisnis dengan harapan saat pandemi COVID-19 berakhir bisa berkembang menjadi maju dan menciptakan pekerjaan bagi masyarakat.

Video Cara Terbaru Bisnis di SOSMED

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.